Anakku,
Janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar.
Anakku,
Berbuat baiklah kepada kedua orangtuamu.
dan Bersyukurlah kepada Allah dan kepada dua orang ibu bapakmu, karena hanya kepada Allah-lah kelak kita kembali.
Anakku.
Dirikanlah salat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).
Anakku.
Janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.

Nasihat ini sudah Allah abadikan di dalam kitabnya di QS. Lukman

dari nasihat ini,
Perlu kita renungkan.
kelak sepeninggal kita, di luar sodaqoh jariyah dan ilmu yg bermanfaat, tak ada lagi yg bisa kita harapkan kecuali do'a dari anak2 yg sholeh. Artinya pertama-tama tugas kita adalah mendidik anak kita agat menjadi pribadi yg sholeh, lalu bersebab kesholehannya mereka mendoakan kita.
Bisa saja sebenarnya mereka mendoakan kita setiap hari meskipun mereka tidak sholeh, tapi manfaat apa yg akan kita dapatkan jika mereka mengerjakan perbuatan yg membuat tertolaknya doa?
Jadi, yg pertama kali yg harus kita risaukan adalah keimanan mereka; kesholehan mereka.


ربنا هب لنا من الصالحين. آمين.

0 comments:

Posting Komentar